Selamat Datang di zona anti korupsi, Bila ada Temuan Tindak Pidana Korupsi dan Pidana Umum Hubungi : contact person 085720000524

Minggu, 02 Desember 2018

Cara Mengatasi Kendala Pelayanan Adminduk, "Sofyan Effendy Yakini dan Berikan Pelayanan Prima kepada Masyarakat yang Lebih baik.

H. Sofyan Effendy
Kepala Dinas
Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sukabumi

Saber Sukabumi,.


Disdukcapil Kabupaten Sukabumi menerapkan beberapa Program inovasi diantaranya Siidakep ( Sistem Informasi Integrasi Database Kependudukan ),GIS , Pelayanan Satu Hari (One Day Service), Sarasa (Saba Rahayat Desa), Mobil pelayanan keliling, Pelayanan terpadu Itsbath Nikah serta pelayanan sistem kependudukan secara online.

Dalam upaya mewujudkan pelayanan prima terhadap Masyarakat dengan target capaian 99% pelayanan adminduk (administrasi kependudukan) di Kabupaten Sukabumi sebagai upaya mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019, Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Sukabumi (Disdukcapil) melakukan beberapa terobosan.

Seperti kutipan dari Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Sukabumi, Sofyan Effendy mengungkapkan, "Disdukcapil memiliki program unggulan yakni Siidakep berbasis GIS (Sistem Informasi Integrasi Data Base Data Kependudukan - Geographic Informasi Sistem)," jelas Sofyan, Jumat [20/7/2018].

Upaya lainnya, dgn pelayanan jemput bola melakukan pelayanan Adminduk desa ke desa,
"Kami beritahukan bagi unsur Pemerintah Desa bisa langsung melayangkan surat permohonan ke Disdukcapil, agar bisa diberikan jadwal pelayanan adminduk dengan menggunakan mobil pelayanan keliling yang nantinya dilakukan dikantor Desanya," ujar Sofyan Efenddy.

Lebih lanjut Sofyan Efenddy menjelaskan, Dalam sistem pelayanan ini, diharapkan Pihak Desa sebagai pemohon diwajibkan menyediakan data warga minimal 50 pemohon yang belum miliki eKTP, Kartu Keluarga (KK) atau Akte Kelahiran. Sementara itu, untuk sistem pelayanan one day service beberapa Pihak merasa sistem tersebut terkesan dipaksakan dengan segala keterbatasan Disdukcapil  Kabupaten Sukabumi.

Untuk menepis hal tersebut, Sofyan Effendy angkat bicara, "Tidak, Saya tidak menyerah disitu, apapun itu kendalanya kita harus bisa meningkatkan nilai niat ibadah dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga masyarakat," tandas Sofyan Effendy.

Sofyan Effendy meyakini pihaknya dapat melakukan pelayanan prima bagi Masyarakat Kabupaten Sukabumi, "Saat ini Sarana prasarana pelayanan diantaranya mesin pelayanan sekarang ada 4, Mobil pelayanan keliling ada 2, 8 UPTD dari 47 Kecamatan se-kabupaten Sukabumi. Silahkan lihat pantau urutan kehadiran  minimal pelayanan sehari sebanyak 600 orang dalam pengurusan E-KTP saja. Itu belum termasuk kepengurusan lainnya seperti surat pindah, KK dan lain-lain." ungkapnya.




















Editor : Erick

Tidak ada komentar:

Posting Komentar