Selamat Datang di zona anti korupsi, Bila ada Temuan Tindak Pidana Korupsi dan Pidana Umum Hubungi : contact person 085720000524

Jumat, 01 Mei 2020

HARDIKNAS 2020 dalam Situasi Pandemi Covid-19 Tetap Berkreasi dan Berinovasi.


Saber Sukabumi.

Dalam situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum tuntas, tidak terasa sudah kembali lagi untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) yang bertepatan jatuh pada tanggal 2 Mei 2020. Tetapi dunia pendidikan ditengah wabah pandemi Covid-19 diseluruh penjuru tempat pendidikan sekolah seperti dunia tidak berpenghuni manuasia. Bahwa sampai saat ini dari Intruksi Kementrian Pendidikan Pusat RI dalam segala bingbingan pembelajaran agar dilakukan dari rumah saja.




Kendati begitu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Muhammad Solihin, memastikan setiap kegiatan belajar mengajar tetap aktif dilakukan meski di rumah. Termasuk kegiatan-kegiatan yang bersifat momen tahunan seperti Hari Pendidikan Nasional Hardiknas.

Solihin menjelaskan, momen Hardiknas tahun ini tetap dirangkai seperti biasa, meski tidak ada peringatan upacara. Namun kegiatan yang lain seperti perlombaan untuk sekolah, mulai tingkat TK/Paud hingga SMP, tetap digelar

“Tema Hardiknas tahun ini disesuaikan dengan kondisi negara saat ini, yakni ‘Diam Di Rumah Tetap Berkreasi dan Berinovasi Untuk Kabupaten Sukabumi, Ada banyak perlombaan yang tetap digelar. Kami memanfaatkan teknologi seperti Lomba Video Edukasi COVID-19 dan sudah berjalan. Hari Jumat tanggal 1 Mei pengumuman pemenangnya,” paparnya

Ditempat yang sama saat ditemui awak media, Kepala Sub Bagian Umum & Kepegawaian yang sekaligus sebagai panitia Hari Pendidikan Nasional 2020 tingkat Kabupaten Sukabumi Jajat Sudrajat mengatakan, bahwa langkah yang diambil dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional 2020 adalah dengan melaksanakan kegiatan Lomba Video Edukasi COVID-19 di rumah saja. Tatapi sebagai pelayanan tidak hanya cukup berdiam saja, untuk selalu berkewajiban dalam menciptakan berinovasi. Meskipun tidak dilakukan peringatan upacara hari Pendidikan nasional, tetapi dengan adanya Lomba Video Edukasi ini tidak mengurangi marwah dari Hari Pendidikan Nasional 2020.

"Seperti contoh dalam pengertian diam di rumah, untuk menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun, dan lainnya. Semuanya dikirim ke kami dalam bentuk video dan kelanjutan pengumuman pemenangnya pada tanggal 1 Mei. Begitu juga dalam pemberian hadiahnya akan dilakukan tanggal 2 Mei 2020 yang bertepatan pada peringatan Hardiknas,” jelas Jajat.

Ditambahkan, Kepala Bidang Sekolah Dasar Khusyairin mengatakan bahwa ditengah pandemi virus COVID-19, Seluruh pelajar khususnya ditingkat Sekolah Dasar melakukan kegiatan belajar dari rumah yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kelas bawah yang terdiri dari siswa tingkat SD kelas 1,2 dan 3 yang dilakukan dengan metode tematik atau lifeskill gabungan beberapa materi pelajaran diperoleh satu tujuan serta kelas atas yang terdiri dari siswa SD kelas 4,5 dan 6 yang menggunakan metode indikator.

"Sehingga ada beberapa indikator yang harus dicapai yaitu penilaian akhir tahun (PAT) yang dilakukan dengan cara daring atau tertulis. Namun tidak dengan mengumpulkan siswa dalam suatu tempat tetapi menggunakan teknologi seperti Email atau Whatsapp." Papar Khusyairin.




















Editor : 3 121 ©

Tidak ada komentar:

Posting Komentar