Selamat Datang di zona anti korupsi, Bila ada Temuan Tindak Pidana Korupsi dan Pidana Umum Hubungi : contact person 085720000524

Jumat, 22 Maret 2019

"MUSRENBANG, Targetkan Keberhasilan Pembangunan dari Mulai Pinggiran. Untuk Kemajuan Ekonomi Berbasis Kawasan 2020.

H. Marwan Hamami
Bupati Sukabumi
dan
Dr. Maman Abdurahman
Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi
(Duduk Tengah)



Saber Sukabumi,.


Program pembangunan RPJMD tahun 2020 fokus pada pembangunan ekonomi berbasis kawasan yang merupakan lanjutan dari program sebelumnya, khususnya Pemkab Sukabumi menargetkan dalam pembangunan ekonomi berbasis kawasan 2020 di mulai dari pinggiran. Seperti yang dilaksanakan dalam acara Musyawarah Rencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) dan Rencana kerja pembangunan daerah ( RKPD) Kabupaten Sukabumi Tahun 2020, di Gelanggang Olahraga Cisaat, Kamis (21/03)

Musrembang RKPD Kabupaten 2020 di selenggarakan sesuai amanat Undang-undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54, tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sukabumi.

Bupati Sukabumi dalam sambutanya menyampaikan, inti pokok pikiran tentang fokus untuk pembangunan kedepan,
" RKPD merupakan penjabaran tahunan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sesuai Perda Nomor. 4 tahun 2016, Musrenbang hari ini yang sekaligus penyusunan RKPD tahun 2020 harus mampu mengakomodir pencapaian target kinerja, seluruh Perangkat Daerah agar mengkaji lebih lanjut target yang belum maksimal dan melakukan refocusing, "pinta Bupati.


Selanjutnya menurut Bupati, ketika daerah pinggiran atau kawasan maju otomatis, maka
" perkotaan akan tendorong dari Multiplier Effect nanti, khusus bidang ekonomi kreatif yang sudah mengarah kepada ekonomi digital. Bupati telah merekomendasikan,
" agar produk yang dihasilkan masyarakat memiliki daya saing, tentunya pasar online menjadi solusi yang epektif dan efisien sehingga potensi unggulan dan produk kreatif anak-anak muda bisa di serap konsumen Nasional maupun Internasional.

" Pemerintah akan memberdayakan potensi untuk meningkatkan kesejahteraan, maka kita harap masyarakat kita ini mempunyai ide dan gagasan pengembangan potensi yang berada dilingkungan sendiri, pemerintah ingin menciptakan pekerjaan dirumahnya sendiri, bukan berarti kita tidak butuh pabrik tetapi kita butuh perusahaan yang padat modal sehingga dapat mendorong masyarakat melakukan kreatifitas" jelasnya.

Hal penting lainnya yang di sampaikan Bupati Sukabumi, tentang mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), bersih dan profesional tak luput dari pokok pikiran yang disampaikan.

" kita tingkatkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis ekonomi lokal melalui bidang agribisnis, pariwisata dan industri yang berbasis kawasan dan berwawasan lingkungan, kita mulai Pembangunan ekonomi dari pinggiran sehingga pembangunan ekonomi berbasis kawasan terwujud, potensi dilaut berbeda dengan potensi di pegunungan semua akan kita berdayakan, "peningkatan efektivitas dan profesionalisme juga perlu dilakukan  pada seluruh aparatur pemerintah untuk membangun sistem birokrasi yang baik, sehingga mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat" jelasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh 400 orang peserta yang terdiri dari Unsur Perangkat Daerah, Kecamatan, Civitas Akademika serta dunia usaha dan dibuka secara Resmi oleh H. Marwan Hamami Bupati Sukabumi. Dalam kesempatan tersebut digelar pula acara Stand Up Comedy oleh Mo sidik dan Randhika Djamil Serta Penandatanganan Berita Acara Musrenbang RKPD Tahun 2020 Oleh Bupati Sukabumi.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Unsur Forkopimda Kabupaten dan Kota Sukabumi, Perwakilan Bapenas, Unsur Perangkat Daerah dan Camat Se Kabupaten Sukabumi serta undangan lainnya.























Editor : E 121 K

Tidak ada komentar:

Posting Komentar