Selamat Datang di zona anti korupsi, Bila ada Temuan Tindak Pidana Korupsi dan Pidana Umum Hubungi : contact person 085720000524

Kamis, 05 Juli 2018

Warga Desa Sasagaran Hibahkan Tanah untuk Pelaksanaan Padat Karya Tunai dalam Pelebaran Jalan Setapak bagi Masyarakat.


Saber Sukabumi,.

Di era Revolusi tekhnologi Industri, pangan, tranportasi dan lainya, dimana sudah berkembang sangat pesat di tengah'tengah lingkungan masyarakat. Maka sebuah keniscayaan untuk selalu dituntut memberikan arahan kepada para pelaku inovasi Desa seperti pendamping desa dan lain'lainnya, untuk dapat mendorong desa melakukan Kegiatan-kegiatan yang inovatif, kreatif dan produktif. Sehingga adanya seperti Kegiatan Pelebaran Jalan padat karya, untuk semakin lebih menguatkan lagi bagi menumbuhkan ekonomi di pertanian desa, dapat mengentaskan kemiskinan dan memberdayakan masyarakat dalam segala bentuk kegiatan yang ada di Desa. Hal ini dilakukan agar percepatan bentuk program inovasi desa dapat terealisasikan dan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat pertanian maupun lainnya.

Desa Sasagaran merupakan salah satu desa di Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi, dimana pada tahun 2018 bagi Pemerintah Desa Sasagaran, telah melaksanakan pembangunan (pelebaran) jalan desa yang sebelumnya jalan setapak, Kamis, (7/5/2018).
Pelebaran jalan setapak kampung babakan ini dilaksanakan berdasarkan kebutuhan, dimana jalan tersebut menjadi akses menuju lahan pertanian seluas 7 (tujuh) hektar sawah. Selain itu juga ada 5000 orang yang menjadi penerima manfaat dari pelebaran jalan tersebut. Jalan ini juga menjadi penghubung antara Desa Sasagaran dan Desa Jambenenggang.

Dalam pelaksanaan pembangunan ini sebanyak 8 (delapan) orang warga menghibahkan tanahnya dengan total luas +-450 Meter. Sementara pada tahun 2018 Pemerintah Desa Sasagaran mengalokasikan sebesar, 70 Juta rupiah dengan realisasi menggunakan kebijakan Padat Karya Tunai. Kegiatan pelebaran jalan pada tahap awal ini dilaksanakan selama 15 hari kerja dengan dibantu swadaya dan gotong royong warga sampai 50 orang. Mengingat jalan kampung babakan ini menghubungkan Desa Sasagaran dan Jambeneggang. Maka pada tahun 2019 akan dilaksanakan MAD (Musyawarah Antar Desa) untuk pembahasan kerjasama antar desa dengan fokus pembahasan pembangunan jalan kampung babakan ini.

Dengan dilaksanakannya pelebaran jalan setapak ini diharapkan dapat menekan biaya trasportasi komoditas hasil pertanian, karena dengan adanya jalan ini kendaraan roda empat dapat langsung menuju lokasi pusat pertanian. selain itu jalan ini akan mempermudah warga dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya.  *SS*

 UDAN ABDULLAH
(Kepala Desa Sasagaran / Kec.Kebonpedes)
*Kemeja Batik*











Erick : Editor                                                                                                                          (SD.ID)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar