Selamat Datang di zona anti korupsi, Bila ada Temuan Tindak Pidana Korupsi dan Pidana Umum Hubungi : contact person 085720000524

Selasa, 28 Februari 2017

Bupati Secara Resmi Sosialisasi Pengembangan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuanratu Semakin Lebih Baik Menuju UGG 2017

Bupati Membuka Sosialisasi Pengembangan Geopark
Sukabumi / Pelabuanratu.


Untuk mendukung pengembangan Geopark di setiap desa, maka dari itu perlunya pesona wisata akan semakin lebih optimal dalam mewujudkan serta menjaga kondisi yang bersih nyaman tertib dan kondusip di setiap geosite, dimana pengelolaannya akan diserahkan ke desa melalui Bumbes yang handal dan profesional, serta mendukung program geopark yang sedang dijalankan oleh Pemkab Sukabumi dan Pemprov jawa barat.

Demikian yang dikatakan oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, pada acara Sosialisasi untuk Pegembangan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuanratu menuju UGG 2017. Bertempat di Aula Setda Palabuanratu, Selasa (28/02). Hadir pada kesempatan tersebut, Kapolres Sukabumi, Prof. Mega Fatima Rosana, P.Hd.,Direktur SDM PT. Bio Farma, serta tamu undangan lainnya. Dikatakan pula,Bahwa Geopark Ciletuh-Palabuanratu telah mendapatkan pengakuan sebagai Geopark Nasional pada Tanggal 22 Desember 2015 bertepatan dengan kunjungan Advisory Mission dari Unesco Prof. Guy Martini. Berdasarkan hasil kunjungan tersebut disepakati rekomendasi agar kawasan Ciletuh dikembangkan ke arah utara sehingga kawasan yang semula meliputi 2 Kecamatan dan 15 Desa menjadi 8 Kecamatan dan 74 Desa meliputi Kecamatan Ciracap, Ciemas, Waluran, Simpenan, Palabuanratu, Cikakak dan Cisolok., Oleh karena itu untuk lebih lanjut, diharapkan dengan adanya untuk sosialisasi ini, kepada Kepala Desa dan Aparat terkait segera melakukan konsolidasi dengan tokoh di desa baik tokoh agama, pemuda serta masyarakat untuk membentuk pengelolaan dan  program pemerintah dalam Pengembangan Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu Sukabumi semakin lebih baik lagi.

Adapun peta area pesona wisata yang berada di kabupaten sukabumi, yang terdiri dari terletak di kaki Gunung Gunung Gede dan Gunung Pangrango dengan ketinggian 584 mdpl, dengan suhu udara maksimum 30 derajat celcius, dengan topografi wilayah Sukabumi yang dikelilingi pegunungan membuat udara begitu segar dengan cuaca yang sejuk, menjadikan Sukabumi menjadi salah satu daerah penting destinasi tujuan wisata di Jawa Barat selama ini. Hanya dengan menempuh perjalanan sejauh 120 km dari ibukota Indonesia Jakarta. Dan dari Bandung ibukota Propinsi hanya berjarak 96 km menjadikan Sukabumi salah satu incaran wisatawan baik lokal maupun Mancanegara. Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata Sukabumi yang paling memikat, beberapa di antaranya menyuguhkan pesona wisata alam Sukabumi yang mengesankan untuk dikunjungi.

1. Geopark Ciletuh
Geopark Ciletuh adalah sebuah tempat wisata di Sukabumi yang masih alami dengan suguhan panorama alam yang memikat,memberikan Anda pemandangan pegunungan,bukit,pantai,hingga bebatuan purba Diarea wisata Geopark Ciletuhini,terdapat juga sejumlah Air terjun,seperti Curug Cimarinjung, Curug Cikanteh, Puncak Manik, dan Curug Ngelay yang hanya menempuh perjalanan selama 5 jam dari pusat kota Sukabumi untuk dapat sampai di objek wisata Geopark Ciletuh ini.


2. Pondok Halimun
 Salah satu spot objek wisata yang terdekat dari pusat kota Sukabumi, hanya membutuhkan waktu setengah jam dari pusat kota Sukabumi, bumi perkemahan andalan Sukabumi yang bernuansa alam serta taman lengkap dengan lampu taman yang indah serta gazebo tempat istirahat untuk menghilangkan rasa penat serta Jogingtrack salah satu sarana olahraga alam di tempat yang sejuk, sangat cocok untuk wisata keluarga yang cukup murah meriah.

3. Cinumpang Situ Gunung
Situ Gunung  adalah sebuah danau yang terletak di kaki Gunung Pangrango, secara administratif berada di Kec. Kadu Dampit, berjarak sekitar 16 km dari pusat kota Sukabumi. Daya tarik utama salah satu tempat wisata di Sukabumi ini terletak pada keindahan alam yang mengagumkan.
Situ Gunung berada pada ketinggian 970 Mdpl. Sekitar 4 km dari danau, Anda akan menjumpai sebuah curug (air terjun) dengan pemandangannya yang indah.
Situ Gunung adalah juga destinasi wisata keluarga yang menarik untuk dikunjungi. Anda dapat menjelajahi danau dengan berperahu, atau memancing ikan. Jika Anda suka, bahkan kegiatan menelusuri hutan yang ada di kawasan Situ Gunung adalah sebuah hal yang mengasyikkan juga tempat wisata berkemah yang indah bernama Cinumpang.

4. Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabuhan Ratu adalah pantai yang paling populer dan menjadi kebanggaan pariwisata Sukabumi, pantai ini begitu luas dengan sejumlah lokasi yang menarik, salah satunya pantai Cimaja.Di pantai Cimaja ini, sering diselenggarakan kompetisi selancar nasional dan internasional.
Inilah pantai yang menjadi tempat surfing di Sukabumi. Pantai Cimaja memiliki ombak dengan tinggi mencapai 4 meter, sebuah tempat surfing yang menarik dan dapat ditempuh cukup dekat dari ibukota Jakarta maupun Kota kembang bandung. Pantai cimaja adalah salah satu lokasi pantai yang merupakan bagian dari pantai Pelabuhan ratu. Anda yang menyukai selancar akan sangat tepat mengunjungi salah satu tempat wisata tersebut,Maupun yang tersebar di Sukabumi.

5.Pemandian air panas Cisolok
Setelah bermain pasir pantai tak ada salahnya mencoba bermain air panas alami yang berada di ujung Pantai Pelabuhan Ratu, selain keindahan tempat ini juga sebagai objek wisata pengobatan bagi yang memiliki penyakit kulit dengan air panas dari belerang alam yang ada di kawasan Cisolok.

6. Bukit Manangel Wisata Offroad
Bagi pecinta otomotif yang senang menjelajah di alam liar dengan tantangan yang cukup ekstrim, tempat ini cukup rekomended.

Di balik keindahan alam yang mengagumkan ini, Tugas pemerintah justru sangatlah berat, karena di tuntut harus bisa mengoptimalkan  serta dapat total mengekplorasi daerah pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan PAD sukabumi. Beberapa hal penting untuk memajukan pariwisata di Sukabumi selain perbaikan Sarana dan Prasarana serta akses Transfortasi jalan yang harus memadai, bukan hanya sekedar Famlet/striker untuk lebih di kenali maupun? Begitu juga perlunya pemeliharaan yang konsisten serta berkelanjutan, juga perlunya pengembangan daerah tujuan wisata yang sebelumnya belum terjamah pemerintah, penguatan fungsi stakeholder, pengadaan sarana promosi pariwisata, seminar Revitalisasi dan Reaktualisasi, mencetak entrepreneurship kelompok pemuda produktif dengan program pelatihan sapta pesona dan benar - benar sadar wisata. Harapan kami pun tidak hanya peran pemerintah saja, seluruh elemen masyarakat harus ikut berperan aktip membantu serta ikut memonitoring agar semua program pemerintah dapat terealisasi dengan sangat baik. Semoga kendala - kendala itu dapat dibereskan para pemangku kepentingan agar pariwisata di Sukabumi semakin lebih maju baik di kelola dengan Kebersamaan.

Maka sejatinya, dengan seluruh program tersebut haruslah benar - benar terealisasi sangat baik dan penuh tanggung jawab, Bukan justru untuk sebalik nya akan menjadi ajang korupsi bancakan maupun berjamaah oleh para Oknum.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar