Selamat Datang di zona anti korupsi, Bila ada Temuan Tindak Pidana Korupsi dan Pidana Umum Hubungi : contact person 085720000524

Kamis, 09 Mei 2019

Ali Iskadar, Ketua Lembaga (FKPQ) Menerima Dana Zakat BAZNAS Kabupaten Sukabumi, Khususnya kepada Ashnaf Fakir Miskin dan Sabilillah, dengan Secara Simbolis di Serahkan oleh Bupati Sukabumi.

H. Marwan Hamami
Bupati Sukabumi
Menyerahkan Bantuan Dana Zakat Baznas
Ashnaf Fakir Miskin dan Sabilillah
Kabupaten Sukabumi



Saber Sukabumi,.


H. Marwan Hamami Bupati Sukabumi serahkan Dana Zakat dari BAZNAS kepada Ashnaf Fakir Miskin dan Sabilillah, yang salahsatunya diberikan secara simbolis kepada Ali Iskandar selaku Ketua Lembaga Forum Komunikasi Pendidikan Alquran (FKPQ) Kabupaten Sukabumi, baik perorangan maupun kepada Lembaga Keagamaan yang lainnya, agar lebih dapat bermanfaat kembali lagi kepada masyarakat. Bertempat di Bale Budaya Pudak Arum Pendopo Sukabumi ( 09/05).

Dengan adanya penyerahan Dana Zakat di Bulan Suci Ramadhan seperti sekarang ini, mungkin akan lebih jauh bermanfaat guna mendukung kesadaran zakat di masyarakat, dan terlebih lagi Bupati Sukabumi telah mengeluarkan Peraturan Bupati no. 35 tahun 2016 tentang Gerakan Infaq Sodaqoh dan Dana Sosial Keagamaan lainnya berbasis masyarakat, maka dengan gerakan ini terbukti banyak memiliki manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat, terutama dalam mengatasi berbagai persoalan dan kebutuhan yang muncul di tengah tengah masyarakat.


Karena zakat terbesar ada di masyarakat dengan berbagai objek zakatnya, mungkin saja dari tahun ke tahun bagi yang sudah membayarkan zakat, selalu kebingungan harus memberikannya kemana jika zakatnya dibagikan sendiri, maka penunaian zakat melalui lembaga akan sangat dirasakan bermanfaat dan tepat sasaran, sebagai dalam rangka pemenuhan kebutuhan ashnaf dapat kembali lagi kepada masyarakat.


Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami telah menyampaikan, bahwa kehidupan berbangsa dan bernegara tanpa dilandasi dengan kesadaran beragama yang kuat tidak akan sempurna, lebih-lebih bagi Kabupaten Sukabumi yang telah mendeklarasikan penegakan syariat islam dan diperkuat oleh visi untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri, maka dalam kesadaran zakat di masyarakat tentang Gerakan Infaq Sodaqoh dan Dana Sosial Keagamaan, sebagai bentuk kualitas penunaian agama menjadi sebuah keniscayaan dan mutlak adanya, "paparnya.




Dalam kesempatan tersebut Bupati Sukabumi menyerahkan secara simbolis Dana Zakat dari BAZNAS Kabupaten Sukabumi Sebesar :
Rp. 6.273.700.000,.

D
ana tersebut dikumpulkan dari Dana Zakat pengusaha penyedia barang dan jasa dilingkungan pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi senilai Rp. 147 juta dan dari zakat profesi PNS Kabupaten Sukabumi senilai Rp. 340, 436 ribu rupiah.

Selanjutnya dari Dana Zakat BAZNAS tersebut diberikan kepada penerima manfaat, untuk 907 taman pendidikan Al-Qur'an se Kabupaten Sukabumi dengan senilai Rp. 739 juta 500, serta kepada 407 Pondok Pesantren Salafi di Kabupaten Sukabumi dengan jumlah dana senilai Rp. 488 juta 400 ribu rupiah.


Penerima manfaat lainnya adalah 2480 Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliah (MDTA) se-Kabupaten Sukabumi yang tersebar dengan dana senilai Rp. 4, 364 Milyar, dari anggaran dana hibah Pemda Kabupaten Sukabumi senilai Rp. 1,5 Milyar dan ditambahkan dana zakat Baznas senilai Rp. 2 Milyar 864 juta rupiah.


Adapun Dana Zakat diberikan kepada 386 imam masjid se-Kabupaten Sukabumi, dengan total anggaran senilai Rp. 386 juta rupiah, dan juga kepada Ikatan Guru IGRA senilai Rp. 175 juta, berikut bantuan alat pengelolaan sampah dengan senilai Rp. 50 juta rupiah kepada lembaga masyarakat yang memberdayakan sampah bersipat non komersil di Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi.


Berikut juga Dana Zakat tersebut, diberikan kepada 10 pelaku UMKM berupa gerobak dan modal usaha senilai Rp. 53 juta rupiah, serta untuk bantuan 10 unit mesin jahit kepada penyandang disabilitas sebesar Rp. 17, 5 juta rupiah.


Begitu juga BAZNAS selalu berharap, akan terus melakukan upaya dan ikhtiar serta inovasi dalam mengumpulkan zakat yang sebesar-besarnya, terutama dalam rangka mensukseskan tahun kebangkitan zakat 2016-2020 di masa yang akan datang.


" Maka kami selaku umat yang berada di tengah tengah masyarakat, selalu turut mendoakan serta merasa bangga dengan Kesadaran Zakat akan semakin lebih di tingkatkan, dan 
semoga bagi sasaran penerima manfaat sangat tepat menjadi bermanfaat. "Harapan dari kutipan warga masyarakat yang tidak mau di sebutkan namanya.

Hadir pada kesempatan tersebut unsur Forkompimda, para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi, dan para Penerima Dana Zakat, serta Tamu undangan lainnya.
























Editor : Erick Morales

Tidak ada komentar:

Posting Komentar