Selamat Datang di zona anti korupsi, Bila ada Temuan Tindak Pidana Korupsi dan Pidana Umum Hubungi : contact person 085720000524

Kamis, 04 April 2019

Udan KADES Sasagaran TRANSFARANSI di Utamakan, dalam Melakukan Sosialisasi DANA DESA Tahun Anggaran 2019 kepada Warga.

Udan Abdullah
KADES
SASAGARAN
KECAMATAN KEBONPEDES, KABUPATEN SUKABUMI


Saber Sukabumi,.


Dalam mewujudkan keterbukaan publik untuk membangun desa yang baik secara Transfaran, perlu adanya wujud yang nyata kepada masyarakat, untuk itu bagi Pemerintah Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi seperti pada tahun sebelumnya, Menggelar Sosialisasi Dana Desa Sasagaran (APBDes) tahun anggaran 2019 yang bertempat di Desa Sasagaran. Selasa (2/4).

Ali Iskandar, Camat Kebonpedes dalam sambutannya mengatakan,
" Sasagaran adalah desa kedua di Kecamatan kebonpedes yang mendeklarasikan dalam program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019.

Tugas Camat adalah melakukan pembinaan dan pengawasan didalam pembangunan, sehingga sebelum dana desa di gunakan maka harus di tuangkan dan disepakati bersama masyarakat dalam APBDes, dan Bupati Sukabumi melaui Camat melakukan evaluasi tahun berjalan atau evaluasi ditahun sebelumnya,”

" Karena dalam prinsip pemberdayaan itu bertumpu pada kekuatan partisipasi, dimana era keterbukaan seperti sekarang banyak yang harus kita ajak dan untuk dilibatkan, sehingga pembangunan nyata agar dirasakan oleh masyarakat manfaatnya. "tegas Ali.

Camat Ali menegaskan, " Kolaborasi penta helix perlu dilibatkan dalam pembangunan dimulai dari akademisi, bisnis, pemerintah, komunitas dan media, sehingga masyarakat dapat mengetahui dari segala pembangunan yang akan di jalankan oleh Desa.

Ali Iskandar
Camat Kebonpedes

" Bahwa sumber anggaran APBDes Sasagaran tahun 2019 sejumlah Rp. 1.504.585.500,- Dana Desa tersebut di dapat dari Pendapatan Asli Desa (PAD) Rp. 10.000.000, serta Dana pendapatan lain yang sah seperti;

" Alokasi Dana Desa (ADD) Rp. 472.560.800.
" Bantuan keuangan Propinsi (PBP) Rp. 127.288.000,
" Bantuan Keuangan Kabupaten. Rp.6.087.400,-
Dana Desa (DDS) Rp.792.752.000,
" Dana bagi Hasil Pajak dan Retribusi (DBH) Rp.95.897.300,.

Selanjutnya Ali Iskandar menjelaskan, " Sementara untuk realisasi penggunaan anggaran di tahun 2019, akan di realisasikan dan dijalankan sesuai dengan Anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun 2019 sebagai pedoman untuk menjalankan pembangunan.

" Sosialisasi APBDes dimaksudkan untuk menyapaikan secara terbuka kepada masyarakat dengan terkait perencanaan dan pembangunan, sekaligus penggunaan Dana desa kepada masyarakat, " jelas Camat Kebonpedes.

Pada kesempatan waktu yang sama, Udan Kades Sasagaran menyampaikan,
" Kita juga menginformasikan bahwa di tahun 2018, bahwa kita sudah melaksanakan dalam bentuk kegiatan fisik, begitu juga pemberdayaan masyarakat termasuk kegiatan sosial, pendidikan, dan kegiatan kesehatan.

" Transfaransi anggaran sangat penting untuk membangun kepercayaan dan dukungan kepada masyarakat terhadap pembangunan yang akan kita di jalankan secara bersama,
“ Keterbukan adalah menjadi ruh bagi pemerintahan desa agar menjadi lebih baik, kecamatan lebih baik dan Sukabumi semakin lebih baik, " papar Udan.

Disela sela dalam Kegiatan Sosialisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes. Turut hadir, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri menyampaikan,
" Bahwa dalam menjalankan pembangunan masyarakat perlu mengetahui mulai dari planting, budgeting dan reporting, dan memang demikian seharunya seperti ini,

" Sehingga masyarakat bisa bersama sama dapat mengetahui dan mendukung dari segala pembangunan apapun yang akan dilaksanakan di desa, seperti ini dari salahsatu contohnya yang akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan akan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menjadikan lebih baik dalam pembangunan desa. " jelasnya.

Turut hadir yang lain dalam sosialisasi tersebut Muspika, Babinsa, BPD, LPMD, Tokoh agama, RT/RW dan masyarakat undangan lainnya. ((121K))










Tidak ada komentar:

Posting Komentar